Mata Kuliah ini memberikan pemahaman dan implementasi mengenai proses perancangan atau desain pada sebuah aplikasi berbasis mobile dan desktop dalam berinteraksi dengan pengguna

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menguasai teknik dasar dalam perancangan antarmuka pengguna
  2. Mahasiswa mampu melakukan proses desain interaksi pengguna secara manual
  3. Mahasiswa dapat mengimplementasika desain inetraksi pengguna pada sebuah apliakasi sederhana

Referensi :

  1. Roger S. Pressman, “Software Engineering, A Practitioner’s Approach”, 8th edition, Mc Graw Hill 2015.
  2. Ian Sommerville, ”Software Engineering”, 9th edition, Addison-Wesley, 2011.
  3. Alan Dennis, Barbara Haley Wixom, David Tegarden, “ System Analysis Design UML Version 2.0, An Object-Oriented Approach”, 3th Edition, John Wiley & Sons, Inc. 2009.
  4. Kendra M. L Cooper, Walt Scacchi, “Computer Games and Software Engineering”, 1st Edition (2015)
  5. John P. Flynt. Ph.D, Omar Salem “Software Engineering for Game Developers”, (2005)

Materi Kuliah:

  1. Pengantar Desain Antarmuka
  2. Panduan & Prinsip Desain Antarmuka
  3. Implementasi Panduan & Prinsip Desain Antarmuka serta Verifikasi Hasil Desain
  4. Jenis & Karakteristik Profile Pengguna
  5. Memahami Pengguna
  6. Parameter Desain Interaksi & Kognisi
  7. Jenis desain interaksi dan implikasi profil pengguna; Mental Model;
  8. Ethnographic Observation
  9. Persiapan Implementasi Proses Desain Interaksi Pengguna
  10. Implementasi Desain Interaksi Pengguna pada Perangkat Mobile dan Desktop
  11. Augmented Reality
  12. Virtual Reality
  13. Pengujian Desain Interaksi Pengguna